Sunday, August 27, 2017

MAKNA DAN LAMBANG KRISTEN MULA MULA (Messianic Judaism)


MAKNA DAN LAMBANG KRISTEN MULA MULA (Messianic Judaism)

Ternyata Alkitab menyaksikan bahwa orang Kristen mula-mula yaitu pengikut Yesus Mesias adalah banyak orang Yahudi..Mereka dianiaya di Jerusalem dan mereka berpencar. Gambar dibawah ini adalah lambang Kristen mula-mula yang memiliki makna sebagai berikut :



1. Menorah, adalah simbol agama Yahudi yang dipakai sejak zaman kuno. Merupakan simbol pelita minyak yang berupa tujuh obor yang berasal dari satu tungku. Simbol ini juga muncul dalam prasasti raja-raja Asyur ketika mereka mengangkut perangkat Bait Elohim ke negeri mereka. Bangsa Israel dengan mudah dikenali dengan simbol ini.

2. Ikan, merupakan simbol kekristenan yang umum dipakai pada masa penganiayaan oleh orang-orang Romawi. Simbol ini banyak dipakai oleh mereka orang Kristen yang berasal dari bangsa-bangsa Non Yahudi..

3. Bintang Daud adalah simbol umat Israel yang merupakan perisai Daud (Magen David)..Simbol ini mengumandangkan bahwa Elohim Yisrael adalah Tuhan Raja Daud yang menjadi Penyelamat, Gunung Batu,Kekuatan, Perisai baginya (Mazmur 18)

Ketiga simbol ini melambangkan bersatunya 2 golongan penyembah YHWH yang berasal dari bangsa ibrani (menorah) dan Bintang Daud dan bangsa-bangsa non-Yahudi (ikan).

Alkitab Firman Tuhan berkata dalam :

Efesus 2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah menjadi “dekat” oleh darah Kristus.

Efesus 2:14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

Elohim YHWH menciptakan sebuah keesaan jemaat yang baru, satu manusia baru yang terbentuk oleh dua kelompok yang berbeda yaitu orang Yahudi dan Non-Yahudi dalam satu tubuh Messiah (Kristus)

Shalom Aleichem...HalleluYah !

No comments:

Post a Comment

We Love Israel

We  Love Israel

Informasi Lowongan Kerja