Sunday, May 2, 2010

Apa Kata Alkitab Tentang Prilaku Hidup Sehat ?


Apa Kata Alkitab Tentang Prilaku Hidup Sehat ?


            Setiap manusia normal menghendaki tubuh yang sehat. Bahkan kebahagiaan manusia tidaklah lengkap tanpa kesehatan tubuh. Harta yang bagaimanapun banyaknya tidak akan dapat mengambil tempat kesehatan pikiran dan jasmani seseorang. Suatu kali para pembaca “ Success Magazine” diminta untuk memilih 3 perkara dari 12 hal yang mereka rasakan sebagai lambang kesuksesan. Apakah hasilnya ? Ternyata survei tersebut menyatakan hasil sebagai berikut :
  • Kesehatan yang baik 58 %
  • Pekerjaan yang menyenangkan 49%
  • Keluarga yang berbahagia 45 %
  • Pikiran yang tenang 34 %
  • Teman yang baik 25%
  • Kepintaran 15%
  • Uang yang berlimpah 11%
  • Talenta 7 %
  • Keberuntungan 6 %
  • Mobil mewah 2 %
  • Rumah mewah 1 %

Dengan jelas penelitian tersebut menunjukkan bahwa kesehatan yang baik adalah hal yang paling penting dari daftar yang dipilih sebagai simbol kesuksesan hidup. Semua orang ingin untuk menghidupkan suatu kehidupan sehat.
            Pada saat Tuhan Allah menciptakan manusia, Ia merencanakan agar manusia memiliki kebahagiaan penuh, kesehatan tubuh, tanpa rasa sakit dan nyeri, bahkan kehidupan yang selama-lamanya tanpa mengalami kematian. Setelah penciptaan manusia, Tuhan Allah melihat yang dijadikan-Nya itu “sungguh amat baik “ ( Kejadian 1:31 ). Sedangkan ciptaan lainnya, semuanya baik. Kebaikan itu termasuk adanya pohon kehidupan dengan buahnya yang akan memberikan kehidupan kepada manusia. Bahkan setelah manusia jatuh ke dalam dosa, Adam masih dapat hidup untuk 930 tahun lamanya. Bila kita membaca sepuluh keturunan manusia yang pertama, kita akan mendapatkan bahwa hidup mereka rata-rata 900 tahun keatas, tetapi sepuluh turunan berikutnya, kita dapatkan rata-rata usia kehidupan mereka hanya untuk 300 tahun. Usia harapan hidup manusia menurun terus hingga pada masa Raja Daud, beliau berkata, “ Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggannya adalah kesukaran dan penderitaan ; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap”. ( Mazmur 90:10 ).
            Dosa menyebabkan usia manusia makin diperpendek. Dosa pula yang menyebabkan manusia mendapatkan penyakit, sedangkan Tuhan Allah tidak pernah merencanakan manusia untuk menderita sakit. Alkitab sebagai sumber kebahagiaan manusia, memberikan beberapa prinsip penting agar tubuh manusia jauh dari berbagai penyakit, bahkan mempunyai tubuh yang bahagia. Salah satu prinsip tersebut terdapat dalam 3 Yohanes 1 : 2  sebagai berikut :
  • “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja”. ( 3 Yohanes 1:2 )

Inilah pengharapan yang diberikan Alkitab ! Yaitu jiwa dan raga yang sehat senantiasa. Namun pengharapan Alkitab akan tetap menjadi pengharapan  saja bila kita tidak memelihara tubuh kita sesehat mungkin, sebab banyak penyakit yang dapat dihindarkan bila kita memelihara kesehatan tubuh kita.

Mengapa Kita Harus Memelihara Tubuh Kita Tetap Sehat ?

  1. Alkitab berkata bahwa kita berutang kepada tubuh kita sendiri. Efesus 5:29 mengatakan : “ Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatnya, sama seperti Kristus terhadap jemaat “. Bila Anda mempunyai mobil, Anda akan merawat mobil Anda sebaik mungkin bukan ? Mengapa ? Sebab mobil tersebut adalah milik Anda. Anda ingin agar mobil tersebut tetap mengkilap, berjalan dengan baik, dan bertahan lama. Demikian juga dengan tubuh Anda, agar tetap sehat, bertahan lama, Anda harus pelihara tubuh Anda sesehat mungkin.


  1. Alkitab berkata bahwa kita berutang kepada keluarga dan lingkungan. Bila seorang sakit, bukankah orang lain harus ikut menderita ? Ia harus ikut memelihara, mengobati dan sebagainya. Bila seseorang meninggal oleh sebab sakit, maka ia juga menyusahkan orang lain. Buku Roma 14:7 mengatakan : “ Tidak seorang pun hidup untuk dirinya sendiri “. Seandainya seorang sakit, ia mempengaruhi orang lain. Bila Anda sehat, seluruh anggota keluarga pun merasa senang. Oleh sebab itu kita harus berusaha untuk senantiasa sehat.


  1. Alkitab berkata bahwa kita berutang kepada Allah. Dalam 1 Koritus 6: 19 berkata : “ Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri ? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu”. Kita harus memuliakan Allah dengan tubuh kita, oleh sebab kita berutang kepada Allah. Tubuh kita telah dibeli dengan harga tunai, yaitu darah Kristus. Seharusnya kita yang mati untuk selamanya sebab kita adalah mahluk yang berdosa, namun Yesus Kristus telah mati untuk kita. Upah dosa yaitu maut telah dibayar lunas Yesus Kristus. Oleh sebab itu tubuh kita bukanlah milik kita sendiri. Tubuh ini adalah milik Allah. Karena itu kita harus memuliakan Allah dengan tubuh kita. Apakah tubuh yang memuliakan Allah adalah tubuh yang sakit-sakitan ? Dengan sendirinya tidak, karena itu kita harus memelihara tubuh kita sesehat mungkin.


  1. Alkitab memberikan resiko bila kita merusak tubuh kita sendiri. Resiko tersebut terdapat di dalam 1 Kor 3:16,17, “ Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam didalam kamu ? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu” . Tidak seorangpun senang untuk dibinasakan Allah. Ayat ini mengajak agar kita dapat memelihara tubuh kita untuk memuliakan Allah. Bagaimanakah caranya agar kita dapat memuliakan Allah dengan tubuh kita ? Alkitab, sebagai kitab istimewa ini memberikan juga rahasianya yang terdapat di dalam 1 Korintus 10:31, “ Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah”. Kita harus memuliakan Allah dengan menjaga makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Segala sesuatu yang membahayakan tubuh kita harus kita hindarkan.

Prilaku hidup sehat adalah anjuran dan saran yang diberikan Alkitab yang adalah Firman Allah bagi kita umat yang percaya. Makan yang teratur, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur,menjaga kebersihan, meminum banyak air, tidak merokok, menghindari alkohol, tidak mengkonsumsi narkoba (narkotika dan obat-obat terlarang) adalah prilaku dan aktivitas yang sangat penting kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh jasmani kita sehingga kita produktif dalam pekerjaan kita, dalam pelayanan kita dan tentunya dapat memberikan sukacita dan kebahagiaan bagi lingkungan keluarga kita.








No comments:

Post a Comment

We Love Israel

We  Love Israel

Informasi Lowongan Kerja