Sunday, April 5, 2009

Salib Bukti Kasih Yesus


SALIB BUKTI KASIH YESUS


“Pada waktu itu lewat seorang yang bernama Simon, orang Kirene, ayah Aleksander dan Rufus, yang baru datang dari luar kota, dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Mereka membawa Yesus ke tempat yang bernama Golgota, yang berarti: Tempat Tengkorak.Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya. Kemudian mereka menyalibkan Dia, lalu mereka membagi pakaian-Nya dengan membuang undi atasnya untuk menentukan bagian masing-masing. Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan. Dan alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang terpasang di situ: "Raja orang Yahudi". Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya. [Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: "Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka."] Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, turunlah dari salib itu dan selamatkan diri-Mu!" Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di antara mereka sendiri dan mereka berkata: "Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya." Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga”. ( Markus 15-21-32)

Pada masa 2000 tahun yang lampau, salib adalah lambang penghukuman paling berat untuk penjahat paling kejam. Mati disalib berarti mati dalam penderitaan dahsyat dan kehinaan tiada tara. Itulah yang Yesus alami.Di dalam salib terjadi peristiwa yang paling kejam dan tidak adil dalam sejarah manusia, seorang yang tidak berdosa sama sekali harus menanggung hukuman mati. Tuhan Yang Maha Adil harus menanggung yang tidak adil. Ia disalibkan diantara dua penjahat, seolah olah Dia adalah penjahat. Tuhan Yang Maha kasih telah diperlakukan dengan kejam dan biadab. Di bawah salib begitu banyak orang yang mengejek dan menertawakan Dia, termasuk pemimpin agama Yahudi. Namun Dia tidak bersuara sama sekali. Anak Allah tetap tenang dan tidak bersuara, sepatah katapun tidak keluar dari mulut-Nya. 

Bukan karena Dia kalah melainkan karena Dia sedang menjalani kehendak Bapa demi keselamatan umat manusia. Yesus menyatakan kasih Bapa dan keselamatan dari Allah untuk umat manusia.Yaitu bagi mereka yang dibelenggu dosa, yang tidak memiliki jalan keluar selain daripada anugerah Allah. Juga bagi mereka yang menolak, tidak mempedulikan, dan membenci Dia. Itu yang membuat golgota begitu khusus, karena di sanalah dipancangkan salib sebagai bukti kasih Allah.

Dalam Minggu ini kita akan memperingati hari Jumat Agung, saat kita memperingati kematian Yesus yang menggantikan hukuman dosa kita. Mari siapkan hati kita untuk menyembah Dia, tersungkur di bawah kaki salib-Nya. Katakanlah, “ Tuhan aku tidak layak”. Aku seperti orang banyak yang ikut-ikutan menolak bahkan meyalibkan-Mu. Aku seperti para prajurit yang kejam memakukan tangan dan kaki-Mu. Aku seperti penjahat-penjahat yang lebih pantas berada di atas salib daripada Engkau. Aku seperti para pemuka agama yang munafik karena sengaja memvonis Engkau mati. Namun Engkau rela menanggung salib dan mati, demi aku menjadi milik-Mu dan Bapa. Terimakasih Tuhan atas anugerah yang begitu besar telah aku terima.

Doa : Bapa.. Aku bersyukur buat kasih karunia dan anugerah-Mu yang tiada terukur bagiku. Engkau mengaruniakan Anak-Mu yang tunggal menebus dosa dan kejahatanku. Aku orang berdosa dan malang,yang sudah terkutuk dan binasa, dari kekuasaan iblis, dari maut dan kerajaan maut.Aku yang sesat buta dan telanjang. Aku yang sudah dijatuhi hukuman kekal, terjual habis kepada dosa tidak ada pertolongan bagiku.Tetapi oleh karena kasih-Mu yang tiada terukur dan tiada terselami Tuhan, Engkau melihat penderitaanku , kesengsaraanku dan kemalanganku.Engkau turun dari sorga yang mulia dan inkarnasi menjadi manusia. Dan oleh karena penderitaan-Mu yang tidak bersalah Tuhan, Engkau disalibkan, mati dan dibangkitkan. Darah-Mu tercurah untuk melepaskanku dari cengkraman neraka, iblis, dosa, maut, murka Allah dan hukuman kekal. Dan Engkau menghalau semua penguasa yang kejam dan yang lalim itu ya Bapa yang telah memenjarakanku dan digantikan oleh Yesus Kristus Tuhanku dan menarik aku kembali kepada Allah sehingga Aku berada dalam anugerah, rahmat dan perlindungan dan pemeliharaan-Mu, ya Allah, ya Bapa, ya Tuhan. Terimakasih Tuhan Yesus, terimakasih Bapa yang baik..Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa dan bersyukur kepada-Mu..Amin.


Nyanyian Umat PKJ 179 : 1,2

1.       Kasih paling agung dari Tuhanku, kini kusadari di dalam hatiku 
                      Yesus Maha Kasih dan Mahakudus,korbankan diri-Nya agar ‘ku, ditebus 
                      Dia menaklukkan maut dan dosaku, Dia memberikan, s’galanya untukku !

2.      Ini ‘kan kuingat, s’lama hidupku. Takkan kulupakan sepanjang umurku 
                    ‘Kan kuberitakan sekelilingku,dan keujung dunia sejauh kuatku
                     Apapun terjadi atas diriku, takkan kulepaskan kasih-Mu, Tuhanku

                                       




3 comments:

  1. Thanks for another magnificent post. Where else may anyone get that kind of
    info in such an ideal approach of writing? I have a presentation next week, and I am at the look for such
    information.

    Take a look at my web-site ... league of Legends hack

    ReplyDelete
  2. It's in fact very complicated in this busy life to listen news on TV, thus I only use internet for that reason, and obtain the latest news.

    Feel free to surf to my page - World Of Tanks Hack

    ReplyDelete
  3. Hello, I enjoy reading all of your post. I like to write a little comment to support you.



    My web page ... 7zipdownload

    ReplyDelete

We Love Israel

We  Love Israel

Informasi Lowongan Kerja