Saturday, April 11, 2009

Sungguh, Yesus Sudah Bangkit !


SUNGGUH, YESUS SUDAH BANGKIT !



“Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?" Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut, tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu." Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu. ( Markus 16:1-8)


Apa bukti Yesus sudah bangkit dari kematian ? kubur yang kosong ? Namun kalau hanya sebatas kubur kosong tentu banyak sanggahan bisa diberikan. Kubur itu kosong karena ada yang mencuri mayat Yesus dan menyembunyikannya, lalu meniupkan kabar bohong bahwa Yesus sudah bangkit. Atau bisa juga karena para wanita mengunjungi kubur yang salah, sebab mereka pergi waktu pagi-pagi buta, saat hari masih gelap. Kemungkinan lain, kubur itu kosong karena Yesus sebenarnya tidak mati, melainkan pingsan. Jadi tidak ada kebangkitan karena Yesus memang belum mati.

Kubur kosong memang tidak dengan serta merta membuktikan bahwa Yesus sudah bangkit. Namun pernyataan hamba Tuhan yaitu si malaikat yang berpenampakan anak muda itu, menjelaskan bahwa kubur itu kosong karena Yesus memang telah bangkit. Ini sesuai dengan nubuatan Perjanjian Lama ( PL) dalam Yes 53:10, 1 Kor 15:4, juga serasi dengan perkataan Tuhan Yesus sendiri kepada para murid-Nya. (Bdk Mrk 14:28). Catatan di pasal-pasal terakhir injil-injil menyatakan bahwa Yesus yang sudah bangkit itu menampakkan diri-Nya kepada para murid ( Bdk Mat 28:16-20, Luk 24:13-49 ). Maka perubahan sikap para murid, dari ketakutan sampai kemudian menjadi pengabar-pengabar Injil yang berani mati ke seluruh dunia adalah bukti kuat bahwa Tuhan mereka sungguh-sungguh sudah bangkit. Mereka mengimani sepenuhnya bahwa Yesus yang mereka beritakan memang sudah bangkit dari kematian dan mengalahkan kuasa maut.

Ada bukti yang lebih otentik lagi untuk menyatakan kebangkitan Tuhan, yaitu hidup orang Kristen yang Dia ubahkan. Keberanian memberitakan Injil, kasih kepada sesama, karakter yang semakin hari menyerupai Kristus merupakan kesaksian nyata yang kuat dan tidak terbantahkan dari para pengikut Yesus. Sebab itu, bila Anda mengaku percaya kepada Kristus yang sudah bangkit, tunjukkanlah itu dengan hidup Anda yang sudah dan sedang mengalami kuasa kebangkitan itu.


Lagu Pujian : Anak Allah Yesus nama-Nya

Menyucikan, menyembuhkan

Bahkan mati, tebus dosaku

Kubur kosong membuktikan Dia hidup


Sebab Dia hidup, ada hari esok

Sebab Dia hidup, ku tak gentar

Karena ku tahu Dia pegang hari esok

Hidup jadi berarti sebab Dia hidup


Doa : Bapa surgawi, kami bersyukur bahwa Tuhan Yesus telah bangkit mengalahkan kuasa maut. Kiranya kuasa kebangkitan Kristus boleh menguatkan,memberikan sukacita,pengharapan dan kemenangan bagi kami gereja-Mu yang telah Engkau pilih dan Engkau kuduskan di dunia ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami datang bersyukur dan berterimakasih kepada-Mu. Amin

No comments:

Post a Comment

We Love Israel

We  Love Israel

Informasi Lowongan Kerja