Thursday, December 27, 2012

Aku Selamat Dan Sentosa Hanya Oleh Darah Yeshua Tuhanku



“Aku Selamat Dan Sentosa Hanya Oleh Darah Yeshua Tuhanku”

Penulis : Ev. Orlando I P Ginting, S.T.


“Dan ketika mereka sedang makan, Yeshua mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.” ( Matius 26:26-28)


Mengenal Elohim Sang Pencipta dan misi-Nya bagi manusia ciptaan-Nya adalah sukacita dan kebahagiaan yang terbesar bagi orang percaya. Pada saat Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Elohim bersekutu dengan manusia di taman Eden. Tujuan Elohim menciptakan manusia adalah supaya adanya persekutuan yang kekal antara Elohim dan manusia. Tetapi manusia melanggar yang diperintahkan dan dilarang Tuhan untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat. Akhirnya kematian rohani masuk kedalam hidup manusia dan seluruh keturunannya.Dan manusia terpisah dari Elohim. Tetapi oleh karena kasih-Nya, Elohim tidak membiarkan manusia mengalami kehancuran rohani dan jasmani dalam hidupnya. Dia bertindak untuk menebus manusia ciptaan-Nya.

Manusia adalah ciptaan Elohim YHWH, Elohim adalah Tuhannya, dan manusia wajib menghormati serta memuji Elohim. Dalam Firdaus manusia memang hidup dalam persahabatan dengan Elohim ( Bdk  Kej 3:8a). Ketika manusia berdosa, hal itu tidak bisa tidak menyakiti hati Tuhan. Persahabatan itu berbalik menjadi permusuhan. Tetapi Tuhan sendiri bertindak, supaya perbuatan berdosa manusia ciptaan-Nya ditebus (Roma 3:25). Tindakan itu mahal sekali bagi diri-Nya. Maka Dia hanya berbuat demikian karena Dia tetap mengasihi manusia, meskipun manusia itu telah berdosa. Karena itu, pembenaran kita berarti persahabatan yang semula telah dipulihkan kembali. Bukan karena perbuatan kita, melainkan karena perbuatan Elohim di dalam Yesus Kristus ( Oleh Karya Penebusan Kristus).

Misi Elohim ini mula-mula Elohim sendiri telah menyatakannya di Taman Firdaus dari Injil Yang Kudus ( Kej 3:15).Kemudian Dia menyuruh para bapa leluhur yaitu Abraham ( Kej 22:18) dan para nabi yang kudus mengabarkannya. ( Kisah Rasul 10:43). Dan memperlihatkan bayangannya melalui kurban-kurban dan upacara-upacara lain menurut hukum Taurat Elohim ( Ibrani 10:1). Akhirnya Dia menggenapi-Nya melalui Anak-Nya yang tunggal ( Roma 10:4).



Penebusan (Redemption):

Galatia 3:13; 1Korintus 6:20; Efesus 1:7 dengan latar belakang Keluaran 21:30. Kata ini (penebusan) berarti pembayaran harga yang dituntut oleh Elohim yang suci bagi kelepasan orang percaya dari penindasan, hukuman, dan perbudakan dosa. Konsep penebusan punya indikasi sebagai berikut: ada yang harus ditebus, ada oknum yang kepadanya tebusan tersebut dibayarkan, ada orang yang membayarkan tebusan tersebut, dan ada alat untuk membayar tebusan tersebut. Siapa atau apa yang harus ditebus? Setiap orang yang berdosa berada di bawah perbudakan dosa dan di bawah murka Elohim. Perbudakan dosa dan murka Elohim inilah yang membuat manusia menderita. Jadi, kita manusia yang berdosalah yang perlu ditebus (Kol. 2:14; Rm. 3:19). Siapa yang menerima tebusan tersebut ? Elohimlah yang menerima tebusan tersebut (Ef 5:2; bdg. Kej. 8:20,21). Kita ditebus dari kutuk hukum Taurat yang notabene dibuat oleh Elohim (Gal. 3:13). Jadi, kita ditebus dari dosa sebab kuasa dosa adalah Hukum Taurat dan dari kekuasaan iblis sebab iblis berkuasa atas maut (kematian).(Bdk. Ibr 4:12).

Ada dua istilah penting yang dapat menjelaskan konsep ini. Konsep pertama ialah "propitiation", yakni menenteramkan melalui mempersembahkan kurban. Murka Elohim berbalik dari seseorang. Konsep berikutnya ialah "expiation", yakni perbuatan yang membebaskan dari konsekuensi dosa. Siapakah yang membayarkan tebusan tersebut? Hanya Kristus. Dalam konteks Perjanjian Lama, seorang yang berdosa harus membawa kurban penebus dosa kepada Imam yang berhak menghadap Elohim di tabut perjanjian. Jika itu berkaitan dengan dosa semua orang, harus ada Imam yang betul-betul kudus karena Elohim adalah kudus (hanya yang kudus dan tak bercacat yang boleh menghadap Elohim). Tidak ada satu manusia pun yang tidak di bawa kepada kutuk hukum Taurat, karena itu Kristus harus menjadi manusia dan menjadi satu- satunya Imam yang layak mempersembahkan kurban di hadapan Elohim. Apa alat pembayaran tebusan tersebut? Tubuh dan darah Kristus sendiri (Bdk Ef. 1:7; 1 Tim. 2:6; latar belakang Perjanjian Lama mengharuskan kurban sebagai penebus salah/dosa). Inilah yang menjadi dasar pengharapan; kita dapat bebas dari murka dan hukuman Elohim. Kita bebas dari perbudakan dosa.

Pendamaian (Reconciliation):

Bdk. 2 Korintus 5:18-21; Roma 5:8-21; Kolose 1:20-22; Efesus 2:14-16. Kata pendamaian menunjukkan bahwa sebenarnya ada oknum-oknum yang bermusuhan dan biasanya juga ada juru damai di antara oknum yang bermusuhan tersebut. Elohim yang suci tidak mungkin didekati oleh orang yang berdosa. Sebab dosa adalah tindakan melawan kehendak dan ketetapan Elohim (Hukum-Hukum Elohim Yang Suci) secara sengaja. Jadi, orang yang berdosa adalah seteru atau musuh Elohim.


Elohim dan manusia perlu didamaikan. Mengapa perlu didamaikan? Sebab manusia adalah bagian dari Elohim, atau lebih jelasnya manusia diciptakan oleh Elohim, milik Elohim. Karena itu, Ia harus membawa kembali ciptaan-Nya itu ke dalam tangan-Nya. Alasan berikutnya, manusia sesungguhnya tidak dapat hidup tanpa Elohim. Manusia perlu bersekutu dengan Elohim karena manusia memiliki unsur roh yang dihembuskan dari Elohim Pencipta (Kej. 2:7; Pkh. 12:7). Artinya, manusia sesungguhnya dapat dikatakan sebagai manusia yang sejati apabila ia bersekutu dengan Elohim, Penciptanya. Dalam perspektif inilah dasar pengharapan Kristiani diletakkan, yakni kita boleh menghampiri dan bersekutu dengan Elohim kembali karena pendamaian yang dilakukan oleh Kristus. Pendamaian ini menghapuskan segala aib dan dosa manusia karena semua itu telah ditanggung oleh juru damai yaitu, Yesus Kristus. Tuhan Kristus, Tuhan Kehidupan membuat kita berdamai dengan Elohim oleh Injil.

Pemulihan :

Manusia adalah gambar dan rupa Elohim. Manusia yang berdosa adalah gambar Elohim yang rusak. Persekutuan dengan Elohim memungkinkan pemulihan kembali gambar Elohim yang rusak itu. Hidup kita disempurnakan dari hari ke hari, dan pada waktu Yesus datang kedua kali, kita dinyatakan sempurna. Inilah dasar pengharapan kita, yakni dengan kematian Kristus kita diubahkan semakin lama semakin sempurna, semakin lama semakin baik di hadapan Elohim. Proses ini mengandung unsur providensia/pemeliharaan Elohim terhadap umat-Nya ( Bdk. Yoh. 17:11; 1Tes. 5:23; 1Ptr 1:5).

            Berbicara tentang Penebusan, Pengampunan dosa,Pendamaian dan Pemulihan, itu berbicara tentang “ darah “. Dalam Perjanjian Lama imam Yahudi (umat Israel) yaitu Imam Besar mempersembahkan kurban penebusan dosa dan pendamaian dengan memerciki kitab,kemah bait suci,semua alat ibadah dan umat dengan darah. “Sebab sesudah Musa memberitahukan semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat,” ( Ibrani 9:19). Tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan dosa : “Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.” (Ibrani 9:22).Dan Tuhan Yesus Kristus datang untuk menggenapinya dengan menjadi tebusan dosa bagi umat-Nya dan dunia : “Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri.” (Ibrani 13:12)
            Berbicara tentang darah, itu berbicara tentang “nyawa”. Nyawa mahluk ada di dalam darahnya.Sebab itu setiap mahluk hidup yang bernyawa dan memiliki darah,akan mati bila darahnya telah habis.”Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.” ( Imamat 17:11 ).
            Berbicara tentang nyawa itu berbicara tentang “kasih Allah” yang sangat besar dan tiada terukur dan terselami. Karena kasih Kristus hanya kita pahami sedalam-dalamnya kalau kita mengenalnya sebagai kasih Elohim sendiri. Dan hanya dalam kasih Kristus yang mengasihi kita sampai ke kayu salib itu, kasih Elohim sungguh-sungguh menyatakan diri. Tuhan Yesus berkata : “ Akulah Gembala Yang Baik, Gembala Yang Baik memberikan nyawa-Nya kepada domba-domba-Nya” ( Yohanes 10: 11 ). Dan kemudian Tuhan berkata lagi : “ Tidak ada kasih yang lebih besar dari kasih seorang yang memberikan nyawa-Nya untuk sahabat-sahabat-Nya ( Yohanes 15:13 )    

Apakah berkat,anugerah,keajaiban dan kuasa dari darah Tuhan Yesus yang telah ditumpahkan bagi kita ?

Alkitab Firman Elohim melalui penulis kitab Ibrani memberitahukan dan menyaksikan kepada kita sbb : “betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Elohim sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Elohim yang hidup.” ( Ibrani 9:14)

Di dalam dan oleh darah Kristus jelas kita melihat karya agung Elohim yang ajaib dan mulia yaitu : Penebusaan dosa,Pengampunan dosa,Pendamaian,Pembenaran, Pemulihan dan Kehidupan Yang Kekal.

Berkat,anugerah,keajaiban dan kuasa darah Tuhan Yesus adalah sebagai berikut :

  1. Darah Yesus mengampuni dosa-dosa kita ( Matius 26:26-28)
  2. Darah Yesus menebus yaitu membayar lunas seluruh hutang dosa-dosa kita ( 1 Petrus 1:18-19)
  3. Darah Yesus menyucikan segala dosa dan kejahatan kita ( 1 Yohanes 1:7-9)
  4. Darah Yesus menguduskan/mentahirkan tubuh,roh dan jiwa kita dari kenajisan,pencemaran jasmani dan rohani dan dosa-dosa kita ( Ibrani 13:12, Ibrani 9:13-14 )
  5. Darah Yesus menanggalkan yaitu melepaskan segala dosa-dosa dan kejahatan kita ( Wahyu 1:5 )
  6. Darah Yesus membenarkan kita di hadapan Elohim ( Roma 5 :9 )
  7. Darah Yesus melepaskan dan menebus kita dari cengkraman Iblis dan kuasa kegelapan ( Kolose 1:13-14)
  8. Darah Yesus menebus kita dari kutuk Hukum Taurat  ( Galatia 3:13 )
  9. Darah Yesus menyelamatkan kita dari murka Elohim ( Roma 5:9) 
  10. Darah Yesus menyucikan hati nurani kita ( Ibrani 9:14)
  11. Darah Yesus memberikan kita pengharapan di dunia ini dan mendekatkan diri kita kepada Elohim Yang Hidup ( Efesus 2:12-13) 
  12. Darah Yesus adalah jalan pendamaian bagi kita dengan Elohim ( Roma 3:25)



Apakah perbuatan baik (perbuatan amal) dan kesalehan kita dapat menyelamatkan kita,membenarkan kita di hadapan Elohim dan membawa kita ke sorga ?

Jawab : Tidak ! Mengapa ? Karena segala perbuatan amal,perbuatan baik dan kesalehan kita seperti kain kotor di hadapan Elohim. Perbuatan baik kita tidak dapat menjadi kebenaran kita di hadapan Elohim karena perbuatan baik kita yang terbaik pun dalam hidup ini tidak sempurna dan tercemar oleh karena dosa.Kebenaran yang dapat bertahan di hadapan pengadilan Elohim harus sungguh-sungguh sesuai dengan hukum Elohim. Dan sementara perbuatan dosa dan kejahatan kita seperti lelehan kenajisan yang keluar dari mensturasi/haid bulanan wanita yang sangat menjijikan di hadapan Elohim.
 “Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor.( Yesaya 64 : 6 a)
Perhatikan bahwa Yesaya bukan mengatakan ‘segala dosa kami seperti kain kotor’. Ia juga tidak mengatakan ‘sebagian kesalehan kami seperti kain kotor’. Yesaya mengatakan ‘segala kesalehan kami seperti kain kotor’.
Sekarang, kalau ‘segala kesalehan’ kita digambarkan seperti ‘kain kotor’ di hadapan Elohim, bagaimana dengan ‘dosa’ kita? Perhatikan ayat di bawah ini.
“‘Hai anak manusia, waktu kaum Israel tinggal di tanah mereka, mereka menajiskannya dengan tingkah laku mereka; kelakuan mereka sama seperti cemar kain di hadapanKu”.( Yeh 36:17)
Dosa / kejahatan kita digambarkan seperti ‘cemar kain’. Apakah ‘cemar kain’ itu? NIV menterjemahkannya: ‘a woman’s monthly uncleanness’ (= kenajisan bulanan dari seorang perempuan).
Bandingkan juga dengan Imamat 15:20,24 - “(20) Segala sesuatu yang ditidurinya selama ia cemar kain menjadi najis. Dan segala sesuatu yang didudukinya menjadi najis juga. ... (24) Jikalau seorang laki-laki tidur dengan perempuan itu, dan ia kena cemar kain perempuan itu, maka ia menjadi najis selama tujuh hari, dan setiap tempat tidur yang ditidurinya menjadi najis juga”.
Untuk kata ‘cemar kain’ yang pertama (ay 20) NIV menterjemahkan ‘her period’ (= masa datang bulannya), sedangkan untuk kata ‘cemar kain’ yang kedua (ay 24) NIV menterjemahkan ‘her monthly flow’ (= aliran bulanannya).
Jadi kelihatannya yang dimaksudkan dengan ‘cemar kain’ itu adalah cairan darah yang dikeluarkan seorang perempuan pada saat datang bulan.
Dengan demikian Alkitab Fiman Elohim menggambarkan segala kesalehan kita seperti kain kotor, dan sementara  dosa / kejahatan kita seperti cairan yang dikeluarkan oleh seorang perempuan pada saat mengalami datang bulan!
Merupakan suatu kemustahilan kalau kita berpikir bahwa dengan hal-hal menjijikkan itu kita bisa layak untuk masuk surga ! Satu saja dosa kita lakukan yaitu melanggar Hukum-Hukum Elohim Yang Suci ( Keluaran 20 :1-17) sudah cukup untuk membawa kita ke Neraka ! Dan belum lagi dosa-dosa yang timbul di dalam hati dan pikiran kita yang tidak berkenan kepada Elohim yang menajiskan diri kita dan juga menajiskan orang lain seperti yang Tuhan Yesus katakan dalam Markus 7:20-23. " Kata-Nya lagi : " Apa yang keluar dari seseorang itulah yang menajiskannya,sebab dari dalam,dari hati orang,timbul segala pikiran jahat,percabulan,pencurian,pembunuhan,perzinahan,keserakahan,kejahatan,kelicikan,hawa nafsu,iri hati,hujat,kesombongan,kebebalan.Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang " ( Markus 7:20-23). 

Tetapi Alkitab menyaksikan bahwa setiap hari kita masih menambah hutang dosa-dosa kita kepada Elohim :
  • “Jika Engkau, ya TUHAN, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan?Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.” ( Mazmur 130:3-4)
Dalam penyingkapan oleh Kitab Wahyu Tuhan Yesus, yang ditulis oleh Rasul Yohanes di Pulau Patmos memberitahukan kepada kita bahwa orang percaya yaitu umat Tuhan masuk sorga oleh kasih anugerah Elohim melalui kurban pendamaian Kristus oleh darah-Nya (darah Anak Domba Allah) : "Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba" ( Wahyu 7:13-14)
Maksudnya adalah bahwa orang-orang yang selamat itu mereka masuk sorga bukan karena jasa-jasa mereka sendiri,sama seperti segala manusia,mereka adalah kotor oleh dosa-dosa mereka.Tetapi telah mencuci pakaian mereka dengan jalan menerima secara beriman kurban pendamaian Kristus.Demikianlah orang-orang percaya,yang sebagai orang berdosa telah mencuci jubah mereka yang cemar dengan jalan berlindung pada darah Yesus Kristus.Oleh karena itu mereka boleh berada di depan tahkta Elohim di sorga.


Soli Deo Gloria

Doa : Bapa Yahweh, Elohim Israel . Bapa kami yang bertahta di dalam kerajaan Surga.Kami bersyukur buat kasih karunia dan anugerah keselamatan yang Engkau berikan di dalam Yesus Kristus Anak-Mu.Kami bersyukur bahwa di dalam Kristus kami beroleh penebusan yaitu pengampunan dosa oleh darah-Nya.Terimakasih buat Roh-Mu yang Kudus yang telah memerdekakan kami dari Hukum Dosa dan Hukum Maut,menyucikan dan menguduskan kami dan memberikan kami kehidupan yang kekal. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan bersyukur kepada-Mu..Amin.



Lagu Pujian Kidung Jemaat : No 36

“DIHAPUSKAN DOSAKU”



Di hapuskan dosaku
Hanya oleh darah Yesus
Aku pulih dan sembuh
Hanya oleh darah Yesus

                                                Refrein :
     Oh,darah Tuhanku
                                                                 Sumber Pembasuhku !
                                                                 Sucilah hidupku
                                                                 Hanya oleh darah Yesus


Pengampunan dosaku
Hanya oleh darah Yesus
Penyucian hidupku
Hanya oleh darah Yesus

Pendamaian bagiku
Hanya oleh darah Yesus
Bukan oleh amalku
Hanya oleh darah Yesus


Damai dan harapanku
Hanya oleh darah Yesus
Elohim membenarkanku
Hanya oleh darah Yesus       




23 comments:

  1. My brother recommended I might like this blog. He was
    entirely right. This post truly made my day.

    You cann't imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

    Here is my page ... know more

    ReplyDelete
  2. I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog and was wondering what all is required to get set up? I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I'm not very web smart so I'm not 100% positive. Any suggestions or advice would be greatly appreciated. Thanks

    My homepage :: site

    ReplyDelete
  3. Everything is very open with a precise explanation of the issues.
    It was truly informative. Your site is very useful.

    Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  4. Wow that was unusual. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit my comment didn't appear. Grrrr... well I'm not writing all that over again.
    Anyway, just wanted to say wonderful blog!

    Here is my web site website

    ReplyDelete
  5. Greetings! Very helpful advice in this particular post!
    It is the little changes that make the most important
    changes. Many thanks for sharing!

    Here is my web-site visit link

    ReplyDelete
  6. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your article seem to be running off the screen in Safari.
    I'm not sure if this is a format issue or something to do with web browser compatibility but I figured I'd
    post to let you know. The style and design look
    great though! Hope you get the issue resolved soon. Thanks

    Here is my site :: Know More

    ReplyDelete
  7. I'm really enjoying the design and layout of your site. It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here
    and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Excellent work!

    Also visit my site ... website

    ReplyDelete
  8. you're in point of fact a excellent webmaster. The site loading pace is amazing. It sort of feels that you are doing any unique trick. Also, The contents are masterpiece. you've done a magnificent activity in this
    topic!

    ReplyDelete
  9. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.
    Anyway I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly.

    ReplyDelete
  10. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with
    SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing
    very good success. If you know of any please share. Appreciate it!


    Also visit my web site visit link

    ReplyDelete
  11. That is very interesting, You are an overly professional blogger.
    I've joined your feed and stay up for in quest of more of your excellent post. Additionally, I've shared your web site in my social networks

    Feel free to surf to my web-site :: more information

    ReplyDelete
  12. Great weblog here! Also your website quite
    a bit up very fast! What web host are you the usage of?
    Can I get your affiliate link to your host? I wish
    my site loaded up as quickly as yours lol

    ReplyDelete
  13. I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was curious what all is needed to get set up? I'm assuming
    having a blog like yours would cost a pretty penny? I'm not very internet smart so I'm not 100% positive. Any tips or advice would be greatly appreciated. Many thanks

    Feel free to visit my blog: more information

    ReplyDelete
  14. Hi, all the time i used to check blog posts here early in the
    dawn, for the reason that i love to gain knowledge of more and more.


    Here is my web site site

    ReplyDelete
  15. It's going to be finish of mine day, however before end I am reading this impressive paragraph to improve my know-how.

    my weblog; womens clothing

    ReplyDelete
  16. I do not leave a lot of remarks, however i did some searching and wound up here "Aku Selamat Dan Sentosa Hanya Oleh Darah Yesus Tuhanku".
    And I do have 2 questions for you if it's allright. Is it simply me or does it look as if like a few of these comments appear like they are written by brain dead folks? :-P And, if you are posting on additional sites, I'd like to keep
    up with everything fresh you have to post. Would you make
    a list of every one of your public pages like your twitter feed,
    Facebook page or linkedin profile?

    my homepage: accountant

    ReplyDelete
  17. Hello, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a lot of spam feedback?
    If so how do you prevent it, any plugin or anything you can
    recommend? I get so much lately it's driving me insane so any assistance is very much appreciated.

    Take a look at my web-site :: specialised cakes

    ReplyDelete
  18. If you desire to increase your experience only keep visiting this
    site and be updated with the hottest information posted here.



    Feel free to surf to my weblog: sign company

    ReplyDelete
  19. Hi, all is going sound here and ofcourse every one is sharing facts, that's genuinely excellent, keep up writing.

    My blog; aerial devices

    ReplyDelete
  20. Admiring the persistence you put into your website and in depth
    information you present. It's nice to come across a blog every once in a while that isn't the same
    out of date rehashed information. Wonderful read! I've saved your site and I'm
    including your RSS feeds to my Google account.

    Look into my web page: general building & construction

    ReplyDelete
  21. This is very interesting, You are a very skilled blogger.
    I've joined your feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I've shared your site in my social networks!


    Visit my webpage :: signage Cape Town

    ReplyDelete
  22. Wow, suρerb weblog layout! How long have you ever been running a blοg foг?

    you make blogging lοok easy. The total looκ of your sіtе is excellent,
    as neatly аs the content!

    Also visіt my web site - reputation management

    ReplyDelete
  23. Your style is unique compared to other folks I've read stuff
    from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I'll just bookmark this
    page.

    Here is my webpage eric gray buffalo ny

    ReplyDelete

We Love Israel

We  Love Israel




Informasi Lowongan Kerja