Tuesday, March 10, 2009

Mazmur Perjalanan


MAZMUR PERJALANAN

Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus. (Keluaran 15:13)

Apa yang kita baca di atas adalah bagian dari mazmur atau nyanyian doa Musa setelah umat Israel sampai ke seberang Laut Merah dengan selamat, sementara tentara Firaun yang mengejar mereka tenggelam ditelan laut itu. Mereka telah melewati satu tahap namun perjalanan masih sangat panjang menuju tanah dijanjikan Tuhan Allah. Musa dari keyakinannya yang terdalam mengajak umat itu berhenti sejenak untuk merenungkan dan memuji-muji kasih setia Tuhan yang sedang menuntun mereka ke tempat kediamanNya yang kudus.

Hidup kita juga bagaikan perjalanan umat Israel menuju Tanah yang dijanjikan. Tahap demi tahap Tuhan menunjukkan kuasaNya menolong dan melindungi kita. Kita belum sampai ke ujung perjalanan kita. Masalah, tantangan dan ancaman, juga godaan, masih sangat banyak. Namun marilah kita berhenti sejenak merenungkan berbagai perbuatan Tuhan menolong kita. Persis seperti yang dilakukan umat Israel dipimpin Musa di seberang Laut Merah.

Baiklah kita bersyukur dan memuji Tuhan atas kebaikanNya yang kita terima. Namun bukan hanya itu. Marilah kita bersyukur dan memuji Tuhan atas kasih setiaNya. Hari ini dan besok, sampai akhirnya, Dia akan menyertai perjalanan kehidupan ini dan menunjukkan kuasaNya yang penuh kasih dan rahmat itu. Dia setia bersama kita. Itulah yang membuat kita melangkah ke masa depan dengan penuh semangat dan sukacita.

Doa:
Terima kasih, ya Allah, atas penyertaanMu yang abadi dalam perjalanan hidup kami. Engkau sungguh hadir dalam suka dan duka kami. Perjalanan kami masih sangat panjang, Tuhan. Kuatkanlah kami. Ingatkanlah kami agar tidak menyimpang atau mundur. Biarlah tubuh jiwa kami selalu sehat, dan hati kami selalu gembira serta semangat. Dalam Kristus kami akan meneruskan perjalanan kami. AMIN.

Oleh : Pdt Daniel T.A. Harahap

No comments:

Post a Comment

We Love Israel

We  Love Israel

Informasi Lowongan Kerja